Diskusi Ilmiah PPIH/S dengan Bank Indonesia Tokyo

Selamat Siang Sahabat PPIH!! Minggu 13 Desember 2015 telah diadakan kegiatan diskusi antara PPIH/S dengan Bank Indonesia (BI) cabang Tokyo. Pak Rahmat Hernowo dan Pak Ari Febrianto memberikan ulasan tentang “Perkembangan Terkini, Tantangan dan Prospek Ekonomi Indonesia”. Diskusi ini sangatlah menarik, terlebih menyangkut kesiapan Indonesia dalam menghadapi pasar bebas ASEAN yg tentu saja akan mempengaruhi kondisi ekonomi bangsa kita.

bi1

Foto 1: Ketua PPIH Laode Yasir menyerahkan Piagam untuk Pak Rahmat Hernowo BI

Dalam diskusi ini Pak Rahmat Hernowo menjelaskan tentang bagaimana BI (tentu saja bersama pemerintah) mengambil kebijakan makro Indonesia terhadap perubahan terkini ekonomi dunia. Sebagai contoh bagaimana pengaruh pengaturan nilai suku bunga untuk menjaga jumlah perputaran uang yang ada di Indonesia. Sebagai negara berkembang Ekonomi Indonesia masih relatif berkembang, sekitar 4%. Angka ini berada di atas pertumbuhan ekonomi Amerika, Eropa dan Jepang, namun masih kalah jika dibandingkan dengan Cina dan India yg mendekati 7%. Banyak hal baru tentang ekonomi yang kita dapat dari diskusi ini.

bi2

Foto 2: Presentasi oleh Pak Rahmat Hernowo

Di diskusi ini Pak Ari Febrianto juga menjelaskan tentang peranan BI di Tokyo, apa saja tugas mereka di sini dan mempelajari peluang kerjasama apa yang dapat diambil Indonesia yang semua itu akan sangat berguna dalam pengambilan kebijakan makro ekonomi Indonesia. Kondisi saat ini menunjukan bahwa banyak investor dari Jepang yang ingin menanamkan modalnya di Indonesia, karena memang potensi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sangat besar.

bi3

Foto 3: Presentasi oleh Pak Ari Febrianto

Berita baik untuk Mahasiswa Indonesia yang ada di Jepang, BI cabang Tokyo membuka kerjasama magang bagi mahasiswa yang sedang studi di Jepang.

bi4

Foto 4: Suasana Diskusi, Serius tapi santai

bi5

Foto 5: Ketua PPIS Ahmad Helmi menyerahkan kenang-kenangan untuk Pak Rahmat Hernowo BI

bi6

Foto 6: Paparan oleh Ketua PPIH Laode Yasir