HISASweb3

Hokkaido Indonesian Student Scientific Meeting ke-14

Lebih dari seratus mahasiswa Indonesia berkumpul di Sapporo, Hokkaido pada 18-19 Maret 2017 lalu. Mereka adalah mahasiswa Indonesia yang terpilih untuk mempresentasikan riset mereka pada Hokkaido Indonesian Student Association Scientific Meeting (HISAS).

HISAS merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Persatuan Pelajar Indonesia Hokkaido (PPI Hokkaido). Di tahun ini, tema yang diangkat adalah “Indonesia Suistainable Development Goals : Chance & Challenge for a Better Future”. Ini merupakan HISAS ke-14 yang diselenggarakan oleh PPI Hokkaido. Suatu pencapaian yang sangat luar biasa untuk bisa secara konsisten menyelenggarakan pertemuan ilmiah selama 14 tahun.

HISAS ke-14 ini dibagi menjadi dua sesi utama, yaitu sesi diskusi ilmiah pada hari pertama dan sesi learning trip pada hari kedua. Pada sesi diskusi ilmiah para peserta mempresentasikan hasil riset mereka yang dibagi menjadi lima disiplin keilmuan, yaitu Health & Life Sciences, Innovation & Technology, Agrotechnology, Sustainable Environment & Renewable Energy dan Social & Human Sciences. Para peserta yang sebagian besar adalah mahasiswa S-1 ini adalah mereka yang terpilih setelah melalui seleksi ketat.

Sesi diskusi ilmiah ini dibuka oleh serangkaian sambutan oleh perwakilan Hokkaido University, Prof. Michel La Fay dan Hokkaido Gas, Mr. Hiroshi Yamamoto. Sesi ini juga dibuka oleh Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Tokyo, Dr. Ben Perkasa Drajat. Sebelum memasuki acara inti, para peserta juga mendapatkan asupan ilmu dari Dr. Marie Stefanie dari Fakultas Pertanian Hokkaido University dan Dr. Shuji Tamamura dari Horonobe Japan Research Institute of the Subsurface Environment. Pada sore harinya, para peserta mendapatkan suntikan motivasi dari Bambang Widjajanto (Mantan Wakil Ketua KPK) yang sedang menjadi peneliti tamu di Jepang.

Sementara pada hari kedua, para peserta diajak untuk berkeliling di sekitar tempat bersejarah di Sapporo dan mengunjungi Hokkaido Disaster Prevention Center. Hal ini bertujuan untuk menggali sejarah kota Sapporo dan juga Hokkaido yang tercermin pada bentuk arsitektur kotanya. Selain itu, peserta juga diajak untuk mempelajari bagaimana kota Sapporo menanggulangi bencana yang mungkin terjadi di wilayahnya. Acara ditutup dengang sesi berfoto bersama di Odori Park dengan latar Sapporo TV Tower yang ikonik. (gaj)

——- Kumpulan foto kegiatan HISAS 14 ——-

HISASweb1

HISASweb2

HISASweb3

HISASweb4
HISASweb5

HISASweb6