20160410_105213

Indonesian Food Cooking Class Bersama NSI (Nusantara Sapporo Indonesia)

Oleh : Annisa Krisridwany

Pada tanggal 10 April 2016, kami bersama teman teman dari NSI berkesempatan mengadakan acara kelas masak yang rutin diadakan setiap tahun. NSI merupakan organisasi yang dibentuk oleh orang Jepang yang dimotori oleh Yazawa san dan teman-teman Jepang lainnya, dengan pelajar Indonesia. Tahun ini, Natasia, seorang mahasiswi asal Palembang yang merupakan undergraduate student tahun keempat terpilih menjadi ketua NSI.

20160410_123519

Jika tidak ada acara malam budaya, kegiatan kelas masak ini diadakan setiap dua kali dalam setahun. Tahun ini akan ada acara malam budaya, sehingga kelas masak hanya diadakan bulan April saja.

Ibu Heri Santoso atau Ibu Dini menjadi guru masak di acara ini. Beliau sudah beberapa kali aktif sebagai staff pengajar di NSI. Menu masakannya adalah pepes ikan Saba atau ikan mackerel, sayur asam, perkedel tahu, sambal tomat, dan pudding labu kuning saus santan.

20160410_105213

Banyak teman-teman Jepang yang antusias mengikuti kelas masak. Pesertanya sekitar 30 orang, dan staff dari teman teman PPI sekitar 10 orang, terbagi dalam empat meja peserta. Kelas masak kali ini lebih menghemat waktu karena sistem kelas masak yang dirubah. Selain itu, resep dilengkapi dengan bahasa Jepang sehingga peserta bisa dengan mudah memasak tanpa harus menunggu bu guru selesai memberi arahan.

Kegiatan memasak selesai jam 1 siang, dilanjutkan dengan makan bersama. Setelah makan dan bersih-bersih, ada pertunjukan tari Bali oleh Yukimi-san –orang Jepang yang senang menari Bali dan tari golek ayun-ayun oleh Ratieh-orang Jawa yang sudah malang melintang tampil menari, bahkan di lingkungan kraton Yogyakarta. Ratieh adalah mahasiswa S2 yang sedang mengikuti program internship di kampus Hokkaido.

Terima kasih atas kerja sama semua tim.