Kanji “Spring”

‪#‎Atashinouta‬-3 ‪#‎Kanjiwobenkyoushiteiru‬ by Yutami

Haru, Spring, A new hope… “春”

Yup, kanji yang terdiri dari 9 coretan ini artinya spring alias musim semi. Memiliki duacara baca, yaitu secara onyomi dibaca shun, dan secara kunyoumi dibaca haru. Berikut ini contoh penggunaanya :

春分 :Shunbun : Vernal equinox adalah titik musim di mana sejajarnya matahari dengan nol derajat atau garis khatulistiwa yang bertepatan dengan tanggal 21 Maret dan merupakan hari libur nasional di Jepang.

立春 : Risshun : Hari pertama musim semi
青春 : Seishun : Pemuda
初春 Hatsuharu : Awal musim semi

Apabila kita lihat dari gambar ini, tampak ada grass (rumput), sprout (kecambah atau tunas atau mulai tumbuh) dan sun (matahari) yang merupakan penyusun dari kanji Haru ini. Asik ya belajar kanji, ada semacam sejarah atau ceritanya dari simbol-simbol yang ada, jadi bisa buat nebak tau artinya.

Yup… Kanji haru ini benar-benar melambangkan musim semi. Musim di mana rumput-rumput yang melayu di saat musim dingin yang panjang, akhirnya mulai menyegar kembali, menghijau. Tunas-tunas tanaman mulai tumbuh dan siap mempercantik kota, kumbang dan kupu tak mau kalah, mataharipun bersinar dengan hangatnya. Seakan akan harapan baru datang menyapa. Ditambah si cantik sakura yang menunjukkan pesona luar biasanya, membuat orang-orang berdecak kagum, indahnya sakura.

Yup… Musim semi alias haru telah datang, kalau di Hokkaido sendiri dimulai akhir april, setelah hampir 6 bulan dipapar salju dan suhu minus. Jaket tebal mulai disimpan, dan saatnya menyambut si musim semi yang penuh harapan. Yosh… Haru ga kita… musim semi telah datang.