Makanan Halal dan Toko Murah di Sapporo

Bagi teman-teman yang beragama Islam, kehalalan makanan merupakan sesuatu yang tidak bisa ditawar. So tentu saja keberadaan halal shop menjadi penting untuk diketahui. Di Sapporo sendiri, Halal shop dan restoran halal relative bisa ditemukan dengan mudah. Yo kita lihat dimana saja Halal shop yang ada di Sapporo:

Warung Jawa 

Warung Jawa termasuk salah satu pioneer dalam menyediakan makanan Halal di Sapporo. Warung Jawa yang terkenal dengan sebutan WJ ini terletak di Kita 14 Nishi 3, tepatnya di lantai dasar/bawah Zeus Building. Teman-teman begitu masuk, tinggal turun tangga sedikit dan langsung sampai deh di pintu masuk WJ. Interior WJ yang berhiaskan batik, wayang, dan pernak-pernik Indonesia membuat kita berasa sedang belanja di Indonesia.
Begitu masuk pintu WJ, teman-teman akan langsung disambut dengan ramah dan menyenangkan oleh Widya Sumi. Widya Sumi adalah salah satu senior di Sapporo, sekaligus pemilik dan pengelolah Warung Jawa. Teman-teman di Sapporo memanggil beliau dengan sebutan mbak Widya.
WJ menyediakan berbagai macam makanan halal, baik yang telah siap saji (lauk pauk) maupun bahan mentah seperti pempek (oishii…), ayam, ikan, sosis, daging kambing, daging sapi, bumbu-bumbu, dan sebagainya. Tidak hanya itu saja, WJ juga menjual berbagai perlengkapan muslimah, seperti jilbab, aksesoris, dan lain-lain. http://www.halal-shop.net/

wj1                      Foto 1. Interior dalam Warung Jawa

wj2

          Foto 2. Warung Jawa dari luar (Zeus Building B1)

Watan

Watan adalah halal shop yang dimiliki dan dikelola oleh orang India bernama Siraj. Terletak di Kita 13 Nishi 3. Selain menyediakan makanan Halal seperti WJ dan KK, Watan juga menyediakan berbagai macam makanan dan bumbu dari India, dan Bangladesh. So teman-teman yang ingin mencoba memasak Kare Bangladesh yang terkenal uenak itu, bisa membeli bumbu Kare instannya di Watan.
Teman-teman yang sangat sibuk di lab, dan kesulitan untuk belanja bahan makanan di hari aktif, tidak perlu khawatir, karena Watan buka di Hari Minggu (Watan biasanya libur hari Senin). Selain itu juga setiap hari juga menyediakan system layanan antar ke apato teman-teman. http://watan.pepper.jp/contact.php?lang=en

Kaldi
Kaldi sebenarnya toko barang-barang impor. Berada di salah satu kompleks pertokoan di lantai dasar AEON (Jusco). Tepatnya di dekat samping bagian luar supermarket Jusco yang menjual liquid (kebanyakan sih yang terpajang aneka jenis Beer).
Kaldi yang terkenal dengan berbagai jenis kopinya yang enak, juga menyediakan beberapa bumbu-bumbu dan makanan halal dari Indonesia, Malaysia, Bangladesh, dan Thailand. Biasanya ibu-ibu setelah belanja ke supermarket Jusco, menyempatkan diri ke Kaldi, untuk membeli Kopi, kerupuk mentah warna-warni tipis, santan, mie Indonesia or mie Pad Thai, dll.

COOP Hokudai
COOP di Hokudai juga menjual daging ayam, daging sapi halal. Cuma harus diakui bahwa harganya relative lebih mahal dari pada di WJ, KK, dan Watan. Namun ditengah “mepetnya” waktu yang kita miliki, tentu saja selisih harganya jadi tidak terlalu mahal rasanya.

Sebenarnya sepertinya masih ada lagi toko halal selain dari yang disebutkan diatas. Semoga di lain kesempatan, daftar toko halal ini bisa diupdate lagi dengan lebih baik. Untuk sementara semoga info yang terbatas ini bisa membantu teman-teman, khususnya yang berencana datang atau baru saja datang ke Sapporo dalam menjaga kehalalan makanan mereka.