Pelaksanaan HISAS 12

Salam PPIH!

Hokkaido Indonesian Student Association Scientific Meeting (HISAS) adalah kegiatan tahunan PPI Hokkaido yang sifatnya akademis. Pada Hari Sabtu 21 Maret 2015, dibuka langsung oleh perwakilan Office of International Affair Hokkaido University, Ryuichiro Shima, HISAS 12 telah sukses dilaksanakan. Sebanyak lebih dari 30 paper dipresentasikan pada kegiatan ini yang meliputi bidang Natural Sciences and Agriculture including Fisheries and Marine Science, Enviromental Management and Social Studies danEngineering and Information System Development. Pembicara utama pada kegiatan HISAS 12 ini adalah Prof. Shunitz Tanaka (Environmental Science Development), Assoc. Prof. Toshikazu Kawaguchi (Enviromental Material Science) dan Dr. Eng Khoirul Anwar (Penemu 4G, Japan Advanced Institute of Science and Technology).

hisas121

Foto 1: Pembukaan acara HISAS 12

“Kegiatan HISAS 12 ini merupakan kegiatan ilmiah yang bertujuan untuk bertukar pengetahuan dan teknologi dari mahasiswa/researcher” ujar Laode Muh. Yasir yang merupakan ketua pelaksana kegiatan ini. Sama seperti tahun-tahun sebelum, banyak researcher ataupun mahasiswa dari Indonesia turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Bukan hanya mahasiswa S1 saja yang meramaikan acara HISAS 12, mahasiswa dari jenjang S2 dan S3 dari berbagai Universitas di Indonesia pun turut berpartisipasi. Selain itu, pada kesempatan kali ini para doctoral student dan doctoral candicate dari Hokkaido University juga turut membagikan ilmu yang menjadi topik penelitian mereka di sini. “HISAS turut memberikan gambaran kepada peserta (mahasiswa S1 di Indonesia) bagaimana gambaran kegiatan perkuliahan postgraduate diluar negeri khususnya diHokkaido University” ujar Yudhistira Wahyu yang merupakan ketua PPIH. “Berpartisipasi dalam HISAS 12 juga merupakan kesempatan baik untuk menjaring informasi efektif bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri, khususnya di Hokkaido University” tambah Wahyu. Ada beberapa peserta HISAS yang lalu yang saat ini sedang menempuh postgraduate di Hokkaido University.


hisas122Foto 2: Materi Oleh Profesor Tanaka

hisas123

Foto 3 : Presentasi oleh Salah satu peserta dari Indonesia

Atas lancarnya kegiatan ini, PPIH mengucapkan terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada rekanan yang telah ikut membantu mendukung kegiatan ini antara lain KBRI Tokyo, KITAGAS, Djarum Bakti Pendidikan, Sahat International, Warung Jawa, Poetra Takafuji, Iteha dan Isaura Hijabers.