Selayang Pandang Hokkaido

Seputar Hokkaido
Hokkaido terletak di bagian utara Jepang dan merupakan pulau kedua terbesar setelah pulau Honshu. Hokkaido juga merupakan prefecture terbesar di Jepang. Luas Hokkaido mencakup 83,453.57 km2, dengan populasi penduduk 5,507,456. Perbedaan angka yang sangat kontras dengan ibukota Jepang, Tokyo, dengan luas wilayah 2,187.66 km2 dan populasi penduduk 13,185,502. Bisa dibayangkan betapa padatnya kota Tokyo di mata orang-orang yang tinggal di Hokkaido.

hokkaido1Karakteristik Iklim Hokkaido
Hokkaido, seperti wilayah jepang lainnya, memiliki 4 musim, musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. Yang sedikit membedakan Hokkaido dari wilayah lain adalah lama musim dinginnya dan saljunya. Musim dingin di Hokkaido bisa mulai dirasakan dari November hingga Maret. Suhu rata-ratanya kurang lebih -8℃, dan rekor untuk suhu terendah di Jepang adalah -41℃ di kota Asahikawa, Hokkaido.
Salju di Hokkaido turun dari akhir bulan November hingga bulan Maret, bahkan hingga awal April. Puncaknya adalah Januari dan Desember. Salju di Hokkaido juga dikenal dgn julukan powder snow, dikarenakan bentuk saljunya yang seperti bubuk. Powder snow ini membuat Hokkaido menjadi salah satu tempat untuk bermain ski yang terkenal di Jepang.

Berlibur di Hokkaido
Cuaca dingin selama kurang lebih 6 bulan menjadikan Hokkaido terkenal akan makanan lautnya yang segar. Salmon, ikura (telur ikan), kepiting, dsb. Makanan laut yang segar tentu saja sangat penting bagi orang Jepang, karena mereka menyantap makanan tersebut dgn mentah. Selain itu, seperti yang ditulis di atas, powder snow menjadikan Hokkaido sebagai tempat asik untuk bermain ski. Abashiri dan Monbetsu terkenal akan Drift Ice, di mana pengunjung akan naik kapal di atasnya. Selain itu, Hokkaido juga terkenal dengan Festival salju yang diselenggarakan antara bulan Januari dan Februari setiap tahun.

hokkaido2
Foto. Atas = Festival Salju, Tengah (kiri-kanan) = musim gugur di Sounkyo, ski, seafood, Bawah = Drift Ice di Abashiri